Dispora Prov Sulteng Apresiasi Wirausaha Muda Berprestasi Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023

Pemuda

Palu, Sulawesi Tengah – Kepala dinas pemuda dan olahraga provinsi sulawesi tengah Drs. Irvan Aryanto, M.Si secara resmi membuka pelatihan wirausaha muda Tahun 2023 yang di Inisiasi Oleh Bidang Pemuda. Bertempat, di palu golden hotel. senin, (11/12/2023)

Diawali laporan ketua panitia Mohamad Sirhan, SE., MM selaku kepala bidang pemuda ia menyampaikan hal-hal sebagai berikut : “ Tujuan yaitu, Memilih Wirausaha Muda berprestasi dalam menjalankan dan mengelola usahanya hingga tumbuh dan berkembang menjadi usaha mandiri yang berdaya saing, Mewujudkan Wirausaha Muda yang Mandiri, Meningkatkan motivasi dan semangat berwirausaha para Pemuda, Untuk Meminimalisir pengangguran yang berdampak pada Tingkat Kriminalitas.”

Adapun Peserta yang mendaftar online sebanyak 25 orang dan yang lolos berkas berjumlah 6 Orang yang terdiri dari Wirausaha Muda yang ada di Sulawesi Tengah. Ujar ketua pantia dalam laporan

Selanjutnya sambutan oleh kadispora prov sulteng Drs. Irvan Aryanto, M.Si ia menyampaikan “Pemilihan Wirausaha Muda merupakan bentuk pemberian apresiasi dari Pemerintah kepada para pemuda yang aktif dalam dunia usaha dan telah menunjukkan hasil serta berpotensi untuk berkembang.

Wirausaha Muda berprestasi juga merupakan sosok Pemuda yang berprestasi, tidak hanya di ukur dari jumlah asset yang telah berhasil dicapainya, tetapi juga memiliki karakter kewirausahaan, memiliki rasa percaya diri, mampu bersikap positif terhadap diri dan lingkungannya.

Selain itu wirausaha Muda berprestasi juga harus memiliki jiwa kepemimpinan, memiliki inisiatif, kegigihan, berperilaku kreatif dan inovatif serta mampu bekerja keras, berpandangan luas, memiliki visi kedepan, berani mengambil resiko yang diperhitungkan, tanggap terhadap saran dan kritik yang dapat digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki diri. Jelas kadispora

Ia menambahkan Wirausaha Muda berprestasi juga dapat dilihat dari kemampuan atau tingkat keterampilannya dalam berwirausaha, misalnya memiliki keterampilan dalam memilih jenis usaha , memiliki keterampilan mengelola produksi, memiliki keterampilan mengembangkan pemasaran. Tingkat keterampilan berwirausaha juga dapat dilihat dari keterampilan meningkatkan pengelolaan Keuangan dan Permodalan, Keterampilan mengorganisasikan dan mengelola kelompok usaha serta memiliki keterampilan mengembangkan jalinan kemitraan usaha.

Terakhir kadispora menyaimpakan Wirausaha berprestasi memiliki usaha yang baik, berkembangnya produk-produk baru yang lebih inovatif, berkembangnya volume produksi dan pemasaran (Omzet) dan meningkatnya keuntungan bersih.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya pengembangan prestasi Wirausaha muda untuk menumbuh kembangkan kegiatan wirausaha sebagai bagian dari upaya meningkatkan budaya Kewirausahaan dikalangan Pemuda.

Turut hadir :
Pejabat eselon III, IV dan Fungsional lingkup dispora prov sulteng
Akademisi Untad
HIPMI Prov Sulteng
Para Tim Juri
Para Peserta Wirausaha Muda