Mendukung Gaya Hidup Sehat, Dispora Prov Sulteng Launching Sport Development Index (SDI) Tahun 2024

Pemuda

Palu, Sulawesi Tengah – Dinas pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah melaunching Sport Development Index (SDI) kegiatan ini juga dilakukan secara virtual dan diikuti 13 Kabupaten/Kota Se-Sulteng. Bertempat di hotel Jazz Palu. 11/1/2024

Di awali Laporan Ketua Panitia Ibu Alfina, SKM., M.Si menyampaikan tujuan SDI ini yaitu meningkatkan keberhasilan pembangunan olahraga serta mengetahui nilai indeks partisipasi aktivitas olahraga masyarakat dan kebugaran masyarakat diwilayah sulawesi tengah.

Kemudian hasil yang diharapkan tercapainya sinergitas dan keterpaduan program bidang keolahragaan yang bersifat prioritas sesuai dengan lingkup kebutuhan, yaitu antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/ kota, serta pemangku kepentingan dan tersedianya dokumen hasil pengukuran sdi provinsi sulawesi tengah taun 2023. (ujar ketua panita)

Sambutan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah Drs. Irvan Aryanto, M.Si kadispora menyampaikan beberapa hal terkait SDI ini SPORT DEVELOPMENT INDEX (SDI) sebagai ukuran keberhasilan pembangunan olahraga.

pemerintah provinsi sulawesi tengah memiliki kebijakan strategis, berupa rencana pembangunan jangka menengah daerah (rpjmd) tahun 2021-2026, dengan visi yaitu gerak cepat menuju sulawesi tengah lebih sejahtera dan lebih maju. termasuk didalamnya langkah-langkah strategis sekaligus sebagai focal point dalam mengembangkan pembangunan dibidang keolahragaan, agar memiliki daya saing dan prestasi yang membanggakan.

belum optimalnya koordinasi dan sinergitas program dan pembinaan antara pemerintah provinsi dengan kabupaten/kota, termasuk dengan induk organisasi olahraga, masih terbatasnya sarana dan prasarana pendukung pembinaan olahrga prestasi, serta capaian prestasi dicabang olahraga tertentu yang pada beberapa tahun terakhir ini mengalami penurunan yang cukup signifikan, yang sebelumnya memiliki prestasi nasional.

karena itu, berdasarkan permasalahan tersebut, maka pembangunan keolahragaan di provinsi sulawesi tengah untuk tahun-tahun kedepan harus kita pacu lebih giat lagi, yang diarahkan pada beberapa hal pokok, yaitu :
dibidang keolahragaan :
pertama : diarahkan pada pembinaan prestasi olahraga anak usia sekolah dan mahasiswa, melalui pusat pendidikan dan latihan olahraga pelajar (pplp), pusat pendidikan dan latihan olahraga pelajar daerah (pplpd) dan pusat pendidikan dan latihan olahraga mahasiswa (pplm) serta sekolah keberbakatan olahraga (sko)
kedua : usaha peningkatan mutu sarana dan prasarana serta kualifikasi pelatih dan wasit
ketiga : diarahkan pada pengembangan olahraga kemasyarakatan dan tradisional.
keempat : pengukuran dan pengumpulan data sport development indext (sdi) setiap tahunnya mencakup 9 (sembilan) dimensi demi keberhasilan pembangunan olahraga dan acuan terintegrasinya satu data indonesia (sdi).
kelima : kelemahan umum dalam sebuah kebijakan yaitu perumusannya berlebihan (over formulated) dan tidak mengandung strategi bagaimana rencana itu diterjemahkan ke dalam tindakan.

terakhir kadispora menyampaikan saya sedikit mengutip cuitan dari presiden joko widodo “olahraga bukan sekedar gaya hidup dan latihan fisik belaka, melainkan instrumen untuk menanamkan jiwa dan karakter yang tangguh, memelihara semangat untuk menjadi pemenang, serta menjaga optimisme untuk maju”.

kemudian diakhiri foto bersama dan sesi tanya jawab antara narasumber dan peserta yang sudah hadir dan para peserta yang hadir secara online.

Turut Hadir :
Pejabat Eselon III dan IV serta Fungsional lingkup dispora sulteng
Perwakilan dispora ses Sulteng
Narasumber dari Koni Sulteng
Peserta yang mengikuti dan ikut secara online
Media Masa